LSP Teknisi Akuntansi
SMK YADIKA 11 jurusan Akuntansi Bekerjasama dengan LSP TA

By Grand Father 26 Okt 2018, 00:19:05 WIB Tutorial
LSP Teknisi Akuntansi

Keterangan Gambar : LSP Teknisi Akuntansi


DESKRIPSI SINGKAT : Profesi teknisi akuntansi memiliki peranan yang cukup penting dalam mengupayakan terwujudnya proses produksi yang efisien dan efektif. Hal ini terjadi karena informasi yang diberikan oleh bagian akuntansi dan keuangan di sebuah perusahaan yang notabene dikerjakan dan disiapkan oleh tenaga teknisi akuntansi akan digunakan oleh manajemen dalam mengambil keputusan. Dengan demikian kebutuhan tenaga kerja di bidang teknisi akuntansi yang kompeten sangat dibutuhkan oleh para pengguna jasa tenaga kerja. Untuk itu, . Uji sertifikasi dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi tenaga akuntansi di Program Keahlian Keuangan. Pelaksanaan uji sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Teknisi Akuntansi dimaksudkan agar hasil uji tingkat penguasaan kompetensi para teknisi akuntansi memiliki standardisasi yang diakui secara nasional. Hasil uji yang memiliki standardisasi dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi diharapkan dapat memenuhi tuntutan berbagai pihak yang terkait dengan organisasi, khususnya tuntutan persyaratan kompetensi dari persyaratan pasar (KKNI dan SAK ETAP) 

Performaplus Training & Consulting sebagai perusahaan yang fokus pada bidang legal, akan menggelar training bersertifikasi untuk para teknisi akuntansi level madya, di mana dalam pelatihan ini sudah terintegrasi dengan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisis Akuntansi (LSP TA).

RUANG LINGKUP : Bidang Teknisi Akuntansi Madya bertugas dalam memproses entri jurnal, buku besar, dokumen dana kas di bank & kas kecil, mengelola kartu piutang, kartu utang, kartu persediaan, kartu aktiva tetap, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, serta operator aplikasi akuntansi berbasis komputer.

TUJUAN dari pelatihan ini adalah :

  • Terpenuhinya Pemahaman konseptual berkaitan dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan pekerjaaan teknisi akuntansi.
  • Keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mendukung pekerjaan sebagai teknisi akuntansi
  • Nilai dan prilaku yang harus dimiliki seseorang dalam melaksanakan pekerjaaan sebagai teknisi akuntansi.
  • Memastikan dan memelihara kompetensi para Teknisi Akuntansi Madya untuk memproses entri jurnal, buku besar, dokumen dana kas di bank, dokumen dana kas kecil, mengelola kartu piutang, mengelola kartu utang, mengelola kartu persediaan, mengelola kartu aktiva tetap, dan menyusun laporan keuangan secara manual berbasis SAK ETAP pada perusahaan di seluruh wilayah Indonesia
  • Memastikan dan memelihara kompetensi para operator aplikasi akuntansi berbasis komputer pada perusahaan di seluruh wilayah Indonesia dan di luar Indonesia.

ACUAN NORMATIF :

  • Peraturan Presiden RI No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI
  • Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No. 182 Tahun 2013 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Jasa Hukum dan Akuntansi Golongan Jasa Akuntansi, Pembukuan dan Pemeriksa; Konsultasi Pajak Sub Golongan Jasa Akuntansi, Pembukuan dan pemeriksa; Konsultasi Pajak Kelompok Usaha Teknisi Akuntansi
  • Peraturan Menteri Keuangan RI No. 25 Tahun 2014 tentang Akuntan Beregister Negara
  • Surat Edaran No. SE-07/AP/2014 tentang Penerapan Standar Kompetensi kerja Nasional Indonesia

RINCIAN UNIT KOMPETENSI KUALIVIKASI V (LEVEL MADYA)

    KODE UNIT                                         JUDUL UNIT

M.692000.001.02   Menerapkan Prinsip Praktik Profesional dlm Bekerja

M.692000.002.02   Menerapkan Praktik2 Kesehatan & Keselamatan di Tempat Kerja

M.692000.007.02   Memproses Entry Jurnal

M.692000.008.02   Memproses Buku Besar

M.692000.013.02   Menyusun Laporan Keuangan

M.692000.022.02   Mengoperasikan Paket Prog Pengolah Angka/Spreadsheet

M.692000.023.02   Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi

M.692000.005.02   Memproses Dokumen Dana Kas Kecil

M.692000.006.02   Memproses Dokumen Dana Kas di Bank

M.692000.009.02   Mengelola Kartu Piutang

M.692000.010.02   Mengelola Kartu Utang

M.692000.011.02  Mengelola  Kartu Persediaan

M.692000.012.02  Mengelola Kartu Aktiva Tetap

M.692000.016.02  Menyajikan Laporan Harga Produk

M.692000.019.02  Menyiapkan Surat Pemberitahuan Pajak

M.692000.020.02  Mengimplementasikan Suatu Sistem Komputer Akuntansi

M.692000.025.02  Mengembangkan Data Base

SYARAT PESERTA

  • Berpendidikan minimal DIII atau sederajat, atau
  • Memiliki sertifikat pelatihan untuk unit-unit kompetensi yang tercantum dalam daftar unit kompetensi dalam Kualifikasi V (Teknisi Akuntansi Madya), atau
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 1 (satu) tahun untuk bidang penerapan program K3, penerapan prinsip bekerja profesional, memproses entri jurnal, memproses buku besar, dokumen dana kas di bank, dokumen dana kas kecil, mengelola kartu piutang, mengelola kartu utang, mengelola kartu persediaan, mengelola kartu aktiva tetap, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual dan operator aplikasi akuntansi berbasis komputer, menyajikan laporan harga pokok produk, menyiapkan surat pemberitahuan pajak, mengimplementasikan suatu sistem komputer akuntansi, dan mengembangkan database.

TIM INSTRUKTUR & ASESSOR :

Kegiatan pelatihan dan pembekalan akan diampu oleh Instruktur yang merupakan Praktisi Akuntansi bersertifikasi BNSP yang kompeten dan berpengalaman pada pekerjaan unit kompetensi Madya. Sedangkan pada saat uji kompetensi, asesi akan diuji oleh Assesor dari LSP Teknisi Akuntansi.

SERTIFIKAT :

Bagi peserta / asesi yang telah mengikuti rangkaian kegiatan assessment dan dinyatakan lolos kualifikasi dan administrasi, akan memperoleh sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment